Laman

Senin, 30 Januari 2012

kerajan paling besar sepanjang sejarah



10 Kerajaan Terbesar dalam sejarah dunia

Kerajaan / Kekaisaran adalah suatu sistem pemerintahan yang dahulu populer di dunia. Suatu kerajaan / kekaisaran disebut kerajaan besar dapat dilihat dari luasnya, populasinya, ekonominya, lama kekuasaannya, bagaimana sang pemimpinnya berkuasa dan bagaimana kehidupan rakyatnya. Terkadang luas suatu kerajaan masih diperdebatkan oleh beberapa ahli dikerenakan minimnya sumber yang ada. Secara umum terdapat beberapa kategori yang bisa membuat sebuah kerajaan diingat sejarahnya sampai kini. Berikut 10 kerajaan terbesar yang pernah ada di dunia ini. 
10. Akkadian Empire (2300 BC–2200 BC)

-Merupakan sistem kerajaan / kekasisaran pertama di duniaar dalam sejarah dunia-Merupakan kerajaan yang mungkin terluas saat itu (Dark Ancient Era) dengan luas 0.8juta km persegi (2250 BC)

9. Achaemenid Empire (550 BC–330 BC)

-Merupakan kerajaan terbesar dalam sejarah dunia kuno. Kekuasaannya sangat berpengaruh sehingga luasnya dapat mencapai 8 juta km persegi.http://qillknows.wordpress.com/
-Secara garis besar sejarah, peranan kerajaan Persia yang dipimpim oleh Cyrus Agung (Cyrus the Great) merupakan salah satu kerajaan yang sukses dalam penerapan sistem administrasi terpusat.8. Roman Empire (27 BC–AD 476/1453)

-Kerajaan Romawi sempat menguasai bagian barat dunia dan timur dunia. Pasukan Militernya adalah salah satu yang terkuat di dunia.
-Warisan budaya Romawi sangat terkenal di dunia modern saat ini. Karya-karya seperti bahasa, literatur, hukum, pemerintahan, arsitektur, teknik, seni, olahraga dan masih banyak yang lain lagi.http://qillknows.wordpress.com/. Umayyad Caliphate (661–750)

-Kafilah Umayyad mempunyai sistem administrasi yang pada saat itu tidak dimiliki oleh kerajaan manapun. Untuk membantu para kalif dalam tugas administrasinya, mereka meletakan 6 dewan pengurus di pusat : Diwan al-Kharaj (Pajak), Diwan al-Khatam (Stempel), Diwan al-Barid (Penerbitan), Diwan al-Qudat (Peradilan), Diwan al-Jund (Militer) dan Diwan al-Rasa’ii (Surat-menyurat)
-Pemerintahan Umayyad mungkin merupakan zaman keemasan dari dunia Arab saat itu.6. Qing Dynasty (1890–1912)

-Masa pemerintahan Dinasti Qing sangat mengutamakan budaya Cina.http://qillknows.wordpress.com/
-Masa keemasan dinasti ini terjadi pada sekitar abad 18 dimana luas wilayah dan populasi bangsa Cina mengalami peningkatan.
-Luas wilayah dinasti ini mencapai 14.7 km persegi pada tahun 1790 membuatnya merupakan pemerintahan yang mempunyai luas wilayah ke-5 terbesar di dunia.5. Russian Empire (1721–1917)

-Merupakan kerajaan terbesar ketiga di dunia yang hanya dapat diungguli oleh keraajaan Mongol dan Inggris.
4. Mongol Empire (1206–1368)
Dari bangsa inilah teknologi baru, mata uang dan ideologi baru disebarkan dan di-share membentang di Eurasia.
3. Mughal Empire (1526–1858)

-Kerajaan ini terkenal karena pusat adminstrasinya yang menghubungkan berbagai wilayah.
-Warisan budaya kerajaan ini hampir sama karakteristiknya dengan Persia. Kemungkinan akibat ekspansi Persia di India yang menghasilkan karya-karya literatur, artistik dan arsitektural yang mengagumkan. Salam satu yang warisan yang terkenal dari Mughal adalah Taj Mahal yang merupakan situs warisan UNESCO.
-Kehidupan ekonomi rakyatnya sangat baik mengingat pembangunan jalan yang bagus serta penyamaan mata uang dan penyatuan wilayah. Hasil bumi dan pertanian didistribusikan ke seluruh dunia dengan baik.
2. British Empire

-Inilah kerajaan terbesar di dunia dilihat dari luas wilayahnya, 33.7 juta km persegi (1922).
-Ini juga kerajaan terbesar dilihat dari jumlah populasinya.http://qillknows.wordpress.com/
-Walaupun begitu, akhirnya banyak wilayah yang bangkit lalu melawan sehingga memisahkan diri dari kerajaan ini.
-Inilah kerajaan kedua terbesar di dunia setelah kerajaan Inggris.. Ottoman Empire (1299–1923)

-Merupakan kerajaan yang paling lama berdiri 7 abad.
-Kerajaan ini secara prinsip menghargai toleransi umat beragama.
-Banyak tradisi dan budaya yang diadopsi oleh Ottoman sehingga membentuk karya yang baru seperti musik, arsitektur, kuliner, dan lain-lain.
-Banyak interaksi yang terjad di wilayah kekuasaan Ottoman mengingat wilayahnya merupakan penghubung antara dunia barat dan dunia timur selama 7 abad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar